Banyak orang beranggapan bahwa produk bagus sudah cukup dan pasti berhasil. Anggapan ini tidak salah. Namun saat ini, kompetisi semakin ketat. Dalam satu segmen, terdapat banyak sekali produk sejenis. Ketika launch produk baru pun, tak begitu lama ada perusahaan lain juga meluncurkan produk yang hampir sama, yang mungkin dengan dana promosi yang lebih besar, harga lebih murah bahkan jangkauan lebih luas. Maka perlu sebuah keterikatan antara konsumen dengan sebuah produk, agar tidak mudah beralih ke produk lain.  Keterikatan itu adalah BRAND.

 

Credit: Shutterstock

Besar kecil usaha Anda, brand sangat penting agar bisnis dapat berjalan selama yang Anda inginkan. Brand lebih dari sekedar logo, tagline dan identitas lainnya, namun mengandung komponen rasional dan emosional yang menjadi alasan mengapa konsumen memilih produk Anda. Brand merepresentasikan persepsi konsumen ketika melihat atau mendengar brand Anda.

 

Jadi mengapa brand itu sangat penting dan dapat mendukung bisnis jangka panjang?

 

  1. ‘Stand Out’ di tengah kompetisi

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, di tengah banyaknya produk sejenis, brand akan membantu produk Anda ‘stand out’ di tengah kompetisi. Dengan kredibilitas brand yang telah Anda bangun, Anda telah memberikan alasan kuat mengapa konsumen memilih brand Anda. Riset telah membuktikan bahwa orang lebih memilih produk dari brand yang telah dikenal dan kredibel.

 

  1. Lebih terhubung dengan konsumen.

Pada proses membangun brand, identifikasi target konsumen adalah bagian pertama yang sangat penting. Bisnis Anda hidup karena ada konsumen. Maka ketika Anda sudah mengetahui profil konsumen untuk bisnis Anda maka segala interaksi dari brand Anda akan membuat mereka lebih terhubung yang nantinya akan membuat mereka semakin loyal. 

 

  1. Menciptakan kepercayaan

Brand adalah janji melalui setiap pesan yang Anda sampaikan kepada konsumen. Ketika janji itu terpenuhi, maka akan terbangun kepercayaan. Kepercayaan inilah yang akan membuat brand selalu hidup. Contoh brand-brand besar seperti Nike dan Apple sangat konsisten dalam hal ini. Maka tak heran, selalu ada antrian di setiap produk terbarunya.

 

  1. Brand menghadirkan value lebih

Visi dan misi Anda dalam membangun brand akan menentukan value yang dirasakan oleh konsumen.  Value lahir dari sebuah alasan mengapa brand Anda ada.

 

  1. Mudah diingat dan dikenali

Experience akan memudahkan konsumen ingat. Ketika konsumen telah membeli pertama kali produk Anda, di situlah titik di mana mereka menemukan  bahwa brand Anda adalah solusi dan disitulah tercipta kesan dan pengalaman yang tertanam di benak mereka. 

 

  1. Menciptakan konsumen baru dengan referral

Dengan adanya brand, konsumen Anda dapat bercerita dan merekomendasikan brand Anda ke  teman, keluarga, dan lingkungan mereka. Rekomendasi dari orang yang di kenal lebih powerful dibandingkan dengan iklan.

 

  1. Aktivitas perusahaan lebih terintegrasi, lebih efektif.

Dengan adanya brand, seluruh aktivitas di dalam perusahaan seperti iklan, tampilan website dan social media, sales team, customer service, public relation bahkan resepsionis akan in line. Sehingga konsumen pun akan semakin jelas tentang brand Anda dan mengingatnya.  

 

  1. Menginspirasi seluruh elemen perusahaan

Nilai dari sebuah brand akan membawa pengaruh bagi seluruh elemen perusahaan. Misalnya, jika brand adan dkenal dengan skincare yang natural dan sehat, maka semua representative perusahaan, akan ikut menjaga citra yang natural dan sehat. Karyawan tidak hanya bekerja mendapatkan yang, namun ada visi yang memotivasi mereka dalam berkarya.

  1. Brand adalah investasi jangka panjang.

Brand yang solid akan memberikan nilai finansial yang tinggi kepada pemiliknya. Ketika suatu saat nanti pemilik ingin menjualnya, bisa dibeli harga tinggi oleh perusahaan lain karena yang dibeli itu bukan semata-mata produk dan formulanya, namun equity. Seolah membeli sesuatu sekaligus pengikut-pengikutnya.

 

Membangun Brand memang membutuhkan proses. Namun memulainya dari sekarang sangat direkomendasikan, walau bisnis masih rintisan.  Brand adalah hal fundamental untuk bisnis jangka panjang, itulah mengapa perusahaan besar pun tetap menaruh perhatian penuh terhadap brand terbukti dengan adanya departemen khusus yang menangani ini.

Categories: Business

Leave a Reply

error: Content is protected !!