“Life Begins at 40 !”

Apa yang Anda rasakan ketika menginjak usia 40? Cemas, Oh My God, cepatnya waktu berlalu! Ataukah super-excited?

Banyak alasan kenapa harus super-exited di usia 40. Di usia ini, mungkin banyak di antara Anda yang sudah mapan secara finansial, berada di puncak karir atau bisnis, anak-anak yang sudah tidak bayi lagi, kualitas hidup lebih baik dan masih banyak lagi. Namun jikapun belum se-ideal ini, ada beberapa kesamaan mengapa  usia 40 itu seolah babak baru dengan puncak kebahagiaan tertinggi dibanding usia sebelum 40;

 

1. Lebih mengenal diri sendiri dan tahu apa yang Anda inginkan.

Memasuki umur 40, Anda sangat percaya diri dengan keahlian dalam karir dan segala yang terbaik dari Anda dalam  kehidupan. Anda  membuat keputusan berdasarkan hanya pada apa yang Anda inginkan bukan semata-mata karena seharusnya .

 

2. Tidak lagi membandingkan hidup kita dengan orang lain

Waktu umur masih 20,30-an kita masih membandingkan diri dengan orang lain. Seolah-olah kehidupan orang lain lebih indah padahal hanya dari cerita yang dibagi di social media dan tampilan superficial saja. Atau sebaliknya membandingkan kehidupan kita menganggap lebih baik dibanding orang lain.

Di usia 40-an, Anda sadar bahwa everyone has their own sh*t. Hidup Anda  indah dan sempurna karena sadar bahwa kekurangan adalah sesuatu yang biasa.

 

3. Mental lebih kuat

“Life is 10% happened to you and 90 % how you react to it”- Charles R Swindoll. Kehidupan yang Anda alami saat ini adalah hasil dari bagaimana Anda memandang dan bereaksi terhadap apa yang terjadi. Kehidupan saat ini adalah hasil keputusan yang diambil terdahulu. Karena itu, dari apa yang dijalani baik dan buruk dari dulu hingga kini, menjadikan mental makin kuat dan stabil secara emosional.

 

4. Lingkaran pertemanan semakin berkualitas

Banyaknya teman bukan hal yang penting lagi. Anda punya kepercayaan diri yang tinggi untuk menyaring dan hanya mengambil teman yang positif serta meninggalkan yang toxic. Anda tahu mana teman sejati yang tetap berada di sisi  kala susah, dan menangis bahagia di kala Anda senang.

 

5. Makin serius dengan gaya hidup sehat

Metabolisme mulai berubah, sehingga lebih memilih makanan yang sehat dengan pola makan yang teratur, olahraga dan melalukan aktivitas yang mengenangkan seperti traveling.

 

6. Tampilan kulit mulai berubah.

Anda suka berlama-lama di depan cermin, memeriksa seluruh permukaan kulit wajah. Pencet-pencet dahi,  meraba kerutan di bawah mata dengan ujung jari. Lalu mencoba  senyum sejenak, dan memeriksa apakah garis smiling line Anda masih membekas? Ahhh tidak, kulit kenapa juga tidak sesegar dulu ?!

Hey, inilah indahnya hidup di usia 40-an. Teknologi di bidang dermatology makin cepat lebih dari yang Anda bayangkan. Baik dari produk skin care-nya, ataupun prosedur estetika yang akan membantu mengembalikan kulit jadi tampak lebih muda. Mau yang hasilnya yang sedikit membutuhkan waktu,  maupun yang instan.

 

3 Faktor Penting Untuk Kulit Tampak Lebih Muda dan Sehat di Usia 40

Untuk mendapatkan kulit tampak muda, tidak bisa mengandalkan hanya dari faktor dari luar seperti produk dan prosedur estetika. Namun diperlukan faktor dari diri sendiri yaitu kebiasaan perawatan dasar rutin serta gaya hidup sehat.

 

1.Skin Care Routine

Aktivitas ini adalah rutinitas wajib yang ngga boleh Anda tinggalkan, yaitu rutin membersihkan kulit (wajah dan badan) dengan benar, melembabkan, eksfoliasi (membuang sel kulit mati), dan menggunakan sunscreen. Anda yang sudah terbiasa melakukan rutinitas ini pasti akan benar-benar membuktikan manfaat perawatan dasar ini. Kulit Anda lebih lambat menuanya dibandingkan dengan yang malas melakukan perawatan di rumah ini. Namun tidak ada kata terlambat. Perubahan kebiasaan Anda hari ini akan berpengaruh baik di masa yang akan datang. Bagaimana perawatan dasar kulit yang benar dan pemilihan pelembab yang tepat bagi kulit usia 40+, selengkapnya di artikel ini.

Picture: national eczema association

 

2. Skin Tech

Teknologi untuk perawatan kulit makin berkembang dan inovatif. Misalnya pelembab, mengandung zat aktif yang menggunakan teknologi yang mampu mengikat air dan mengunci kelembaban, dengan bentuk mirip NMF (Natural Moisturizing Factor) dan Lipid di kulit. Sedangkan di bidang medis, prosedur dengan alat kecantikan juga semakin canggih, sehingga kita akan mendapatkan hasil yang lebih cepat dan tahan lama.

Selengkapnya di sini.

Picture: The Trendspotter

 

3. Gaya Hidup 

Kesehatan kulit juga dipengaruhi oleh gaya hidup. Pola makan yang teratur, olahraga dan istirahat yang cukup. Minum air putih sangat membantu menghidrasi kulit. Kebiasaan merokok terbukti membuat kulit lebih cepat menua.

Jika Anda termasuk yang baru ber-resolusi untuk mulai olahraga tahun ini, Anda bisa mencoba Yoga. Saya rekomendasikan beberapa pilihan Yoga yang bisa memperbaiki bentuk tubuh di bagian perut dan bokong. Dan tentunya Yoga yang “ringan” dan sesuai untuk usia 40+.

Picture: masterfile

Kenapa Yoga? Karena Yoga terbukti memberikan efek relaksasi dan memberikan keseimbangan kesehatan fisik dan mental. Perlu disadari bahwa stres juga dapat mempercepat penuaan kulit.

Selain itu, di zaman yang serba modern ini dengan banyaknya informasi berseliweran di social media dan tantangan hidup yang semakin berwarna, banyak orang mengalami insomnia. Jika Anda termasuk yang mengalaminya, klik artikelnya di sini.

 

Stay Young !


1 Comment

deni oktaviano · 24/01/2019 at 12:36 pm

makasih admin artikelnya sangat membantu

Leave a Reply

error: Content is protected !!