Bertambahnya usia kulit mengalami banyak perubahan. Kondisi kulit di usia 40 tentu saja berbeda di usia 30 ke bawah. Kekencangan kulit berkurang, kerutan tampak jelas dan dalam, kulit makin kering, kendur, dan muncul hiperpigmentasi atau fleg hitam.

 

Kerut

Jika kita amati, di kulit kita ada kerutan yang tebal dan halus. Kerutan tebal terjadi pada area garis ekspresi seperti dahi, ujung mata dan smiling line. Kerutan halus biasa terjadi pada area wajah lainnya sepert di bawah mata, sekitar mulut dan area bibir atas.

 

Kerut pada kulit terjadi akibat
  • menurunnya masa otot dan ketebalan kulit,
  • menurunnya produksi kolagen dan elastin di lapisan derms
  • dehidrasi kulit di lapisan Stratum Corneum pada lapisan epidermis

 

Natural’s Skin Barrier atau fungsi pelindung kulit di bagian stratum corneum tersebut mulai terganggu, akibatnya kulit kehilangan kemampuan menahan air sehingga air mudah lepas (transepidermal water loss). Inilah yang menyebabkan kulit menjadi kering.

 

Kandungan Kolagen dan Elastin di lapisan dermis mulai turun 20-80% dalam proses penuaan kulit. Hal ini disebabkan oleh perubahan pada fibroblast, yaitu sel yang bertanggungjawab terhadap biosintesis kolagen, elastin dan glycosaminoglycan (hyaluronic acid) sehingga produksinya pun melambat. Tidak hanya itu,  perubahan ini juga mempengaruhi pembentukan protein yang mempengaruhi struktur kulit.  Akibatnya kulit kehilangan kekenyalan atau kendor.

 

 Picture: Zimmet

 

Untungnya kita hidup di zaman serba modern sekarang ini, dimana  ilmu pengetahuan berkembang pesat. Dengan hadirnya teknologi dan inovasi di bidang dermatologi, kini wanita di usia 40 dapat dengan mudah terlihat muda.

 

Banyak sekali metode yang digunakan sebagai langkah tampil lebih muda, seperti penggunaan krim, filler, laser, hingga bedah plastik. Mana yang harus dipilih? Yang paling tepat adalah tentu  konsultasikan kondisi kulit dan apa yang Anda inginkan kepada dokter ahli.

 

Saya akan memberikan gambaran umum kepada Anda perawatan kulit yang popular sebelum memutuskan.  Perawatan yang dilakukan untuk memperbaiki tampilan kulit menua biasa disebut dengan rejuvenation atau peremajaan.

 

Krim untuk Rejuvenasi

Picture: Healthusnews

 1.Krim Retinoid

 Merupakan turunan Vitamin A yang dapat membantu mengurangi kerut dan mengembalikan elastisitas kulit.  Retinoid bekerja dengan cara mendorong regenerasi sel kulit serta menghambat penurunan kolagen. Retinoid di antaranya adalah tretinoin, retinoic acid dan retinol.

 

2.Krim Peptida

 Peptida merupakan senyawa protein, dibentuk dari asam amino yang di dalam tubuh berperan penting di dalam vitalitas kulit. 

Krim peptida akan membantu memperbaiki kulit dengan cara menstimulasi produksi kolagen dan regenerasi sel kulit sehingga kulit tampak lebih muda.

 

Rejuvenasi menggunakan alat

 3.Mikrodermabrasi

 

Picture: epbeauty

 

Metode ini adalah salah satu favorit saya, karena tidak sakit. Mikrodermabrasi berfungsi untuk mencerahkan  kulit  kusam dengan cara membuang sel kulit mati dan mendorong regenerasi sel kulit baru. Metode ini seperti kita melakukan scrub, menggunakan suatu mineral  dengan alat. Kulit akan sedikit kemerahan setelah melakukan dermabrasi, namun akan hilang 1-2 hari. 

 

4. Teknologi Laser

 

Biasa disebut dengan Laser Skin Resurfacing, menggunakan sinar laser dengan intensitas tinggi yang berguna untuk mengurangi kerut dan mengencangkan kulit. Hasil dari perawatan laser ini bertahan selama 2 hingga 5 tahun. Namun lama tidaknya tergantung dari  gaya hidup sendiri. Misalnya punya kebiasaan merokok, bergadang, tidak menggunakan sunscreen, mungkin efeknya akan lebih cepat hilang.

 

5. Teknologi Radiofrequency

 

Picture: Blix

Treatment anti-aging menggunakan Radiofrequency pada dasarnya adalah menstimulasi produksi kolagen dengan menggunakan gelombang radiofrequency yang menghasilkan panas dengan suhu 38-40 C namun tetap nyaman. Hasilnya kerut berkurang dan kulit lebih kencang.

 

Rejuvenasi dengan pengelupasan

6. Chemical Peeling

 

 Picture: uniqueyou

 

Pengelupasan kulit menggunakan chemical peeling ini untuk mendorong regenerasi sel kulit baru, bertujuan untuk mencerahkan dan memperbaiki permukaan kulit yang kasar.  Setelah chemical peeling ini kulit akan kemerahan dan tampak kulit yang mengelupas beberapa hari.

Rejuvenasi menggunakan injeksi

7. Botox

 

 Picture: Reportshealthcare

 

Botox mengandung botulinum toxin. Prosedur ini bertujuan untuk melenyapkan kerutan dengan injeksi di beberapa titik. Hasilnya langsung terlihat dalam beberapa hari dan akan bertahan hingga 6 bulan setelag itu dapat diulangi kembali. Namun satu hal yang kurang saya suka dari botox ini adalah berkurangnya ekspresi wajah, misalnya ngga bisa mengernyit pada saat berpikir atau silau,  ekspresi terlalu gembira atau senang. Karena saya orang yang type ekspresif, extrovert.

 

8. Filler

 

 Picture: quora

 

Filler mengandung hyaluronix acid yang berfungsi mengisi kekosongan lapisan kulit yang mengalami kerutan dan garis halus sehingga akan menaikkan volum dan kerutan tak nampak lagi. Hasil perawatan dengan filler akan bertahan hingga 1 tahun.

Rejuvenasi dengan bedah estetik

9. Bedah Plastik.

 

Picture: Silkwoodmedical

 

Prosedur ini adalah yang paling mahal namun hasilnya bertahan lama sekali, ‘permanen’. Bedah plastik dilakukan dengan cara incisions (pembedahan) kecil secara endoskopi. Menaikkan kulit wajah yang turun atau kendor, di area leher, kantung mata dan dahi agar tampilan lebih kencang dan muda.

 

Pencegahan penuaan kulit.

Walaupun banyak prosedur yang dapat membuat tampilan kulit lebih muda seperti disebutkan di atas, pencegahan tetap penting dilakukan untuk Anda di usia di bawah 40 tahun. Untuk Anda yang sudah menginjak usia 40 tahun tidak ada kata terlambat untuk melakukan perawatan kulit agar proses penuaan sedikit terhambat.

  1. Perawatan kulit secara benar dan teratur
  2. Menggunakan sunscreen saat beraktifitas di luar rumah
  3. Banyak minum air putih
  4. Gaya hidup sehat dengan pola makan teratur, istirahat dan rutin berolahraga.

 

Jadi, mau pilih yang mana?

Stay Young and Happy!

error: Content is protected !!