Saat ini banyak sekali pilihan produk anti-aging yang membuat kita bingung untuk memilih. Terutama wanita, banyak sekali rangkaian produk yang dibeli hingga seperti rangkaian koleksi. Manakah yang sebenarnya produk terbaik dan  paling kita butuhkan ?

 

Ternyata produk wajib pertama yang tidak boleh tidak adalah Sunscreen atau Sunblock. Menggunakan sunscreen secara teratur, akan memberikan hasil nyata pada tampilan kulit. Walaupun sudah sering sekali diulas mengenai manfaat sunscreen, namun banyak orang mengabaikan sunscreen dan hanya mengandalkan pada krim pelembab pada malam hari. Padahal tanpa sunscreen, proses skin ageing masih berjalan. Sunscreen terbukti sangat penting dalam melawan penuaan kulit. Buktinya?

 

Dikutip dari laman Marie Claire, Olay telah melakukan riset terhadap enzim yang menunjukkan tanda  penuaan sel kulit,  yang disebut CDKN2A (Cyclin-Dependent Kinase Inhibitor 2A). Dalam riset ini menunjukkan bahwa enzim ini meningkat ketika tubuh terpapar sinar matahari. Ketika mereka membandingkan struktur kulit yang sering terpapar sinar matahari misalnya diwajah, dengan bagian kulit yang tidak terpapar sinar matahari seperti di punggung, mereka menemukan bahwa bagian kulit yang tidak terpapar tersebut strukturnya sama dengan wajah seseorang 20 tahun lebih muda. Tak percaya?

 

Di Australia, pada tahun 2013, seorang  ahli dalam risetnya telah menemukan bahwa penggunaan sunscreen secara teratur dapat melawan penuaan akibat sinar matahari. Dan banyak studi klinis yang membuktikan manfaat sunscreen dalam melawan penuaan kulit.

 

Picture : Beautyeditor

Lalu apa salah matahari, mengapa sinarnya dapat menyebabkan penuaan kulit?

 

Sinar matahari pada pagi hari sangat baik untuk kesehatan tulang dan mengurangi resiko depresi, sebab sinar matahari adalah sumber Vitamin D bagi tubuh. Namun sinar matahari juga berdampak negative bagi tubuh.

 

Sinar Matahari terdiri dari sinar UV A, UV B dan UV C. Sinar UV C panjang gelombangnya paling pendek, tidak menembus atmosfer bumi sehingga tidak sampai mengenai kulit kita.  UV B ber-penetrasi ke lapisan kulit paling luar yang disebut dengan epidermis, akibat paparan sinar UV B adalah kulit terbakar dan dapat menyebabkan kanker kulit. Sedangkan UV A penetrasinya lebih dalam yaitu ke lapisan dermis, memicu radikal bebas yang akan merusak kolagen dan elastin. Akibatnya kulit kehilangan kekenyalan, timbul kerut dan hiperpigmentasi.

 

Picture: Eucerin (90% premature aging disebabkan oleh sinar matahari)

 

Walaupun di aktivitas sepanjang hari kita jarang terpapar langsung dengan sinar matahari, faktanya sinar UV dapat menembus kaca jendela apalagi kaca mobil Anda.

Picture: Eucerin

 

Jadi sunscreen wajib digunakan setiap hari sebelum memulai aktivitas untuk melawan penuaan kulit. Lalu bagaimana memilih kriteria sunscreen?

Anda dapat memilih sunscreen dengan kriteria sebagai berikut:

  • Spekrum luas, perlindungan terhadap UVA dan UVB
  • SPF 15 atau lebih
  • Water resistance

 

Bagaimana penggunaan sunscreen dengan pelembab Anti-aging?

 

Sunscreen dan Pelembab sebenarnya mempunyai tugas yang berbeda dengan zat aktif yang berbeda pula. Sunscreen bertugas untuk memproteksi kulit dengan cara mengabsorbsi sinar UV, sedangkan pelembab mengatasi kondisi kulit menua. 

 

Memakai sunscreen dan pelembab anti aging secara bersamaan, dapat mengurangi efektivitas masing-masing. Sebaiknya gunakan dengan jeda waktu. Gunakan sunscreen terlebih dahulu biarkan meresep dan aktif di dalam kulit, 20 – 30 menit setelah itu baru gunakan pelembab.

 

Semahal apapun pelembab anti-aging Anda, sunscreen adalah produk terbaik dan utama yang harus dimiliki untuk melawan kulit menua.

 

Berapa SPF yang terbaik untuk kulit kita? Klik di sini 

 


Leave a Reply

error: Content is protected !!