Libur panjang bersama keluarga rasanya kurang seru kalau tidak menghabiskan waktu ke pantai, taman atau tempat wisata yang terbuka. Stres dari rutinitas pekerjaan dan kesibukan bisnis seketika sirna.  Liburan ini  adalah momen yang sangat berharga dan benar-benar menyehatkan jiwa. Begitu seru nya, panas matahari dan debu pun tak terasa. Nah, baru sadar ketika tiba saatnya akan kembali pulang. Kulit jadi belang, kasar, dan kusam serta kerutan menjadi makin jelas. Bagaimana ini?

 

Tak perlu kuatir, Anda bisa kembalikan kondisi kulit seperti sedia kala dengan beberapa tips berikut ini;

 

  1. Exfoliating

 Langkah ini adalah yang paling penting di lakukan untuk membuat kulit Anda , yaitu membuang sel kulit mati dengan cara scrub. Anda bisa lakukan sendiri sendiri di rumah. Saya tahu, di kondisi kulit kusam seperti ini biasanya kita ‘gemes’ sehingga menggosoknya kuat-kuat. Alih-alih bersih dan cerah, yang terjadi malah iritasi. Jadi hindari terlalu bersemangat menggosokkan scrub ke kulit Anda.

 Jika Anda terlalu lelah untuk melakukan eksfoliasi sendiri, Anda bisa datang ke klinik kecantikan. Beberapa pilihan perawatan yang bisa diambil adalah chemical peeling dan mikrodermabrasi. Konsultasikan ke dokter ahli dan pilih mana yang menurut Anda paling nyaman.

 Chemical Peeling adalah pengelupasan kulit menggunakan  zat kimir seperti Trichloroacetic Acid, Salicylic Acid, Alpha Hydroxy Acid, Glycolic Acid dan lain-lain. Tujuannya adalah untuk merangsang pembentukan sel kulit baru. 

 Sedangkan mikrodermabrasi, yaitu prosedur mengilangkan sel kulit mati dan merangsang pembentukan sel kulit baru menggunakan kristal mikro.

 

  1. Pelembaban

 Anda mungkin sering skip menggunakan pelembab saat liburan. Nah,  kini saatnya untuk kembali rajin menggunakan pelembab. Pelembab dapat memberbaiki  fungsi pelindung kulit atau yang disebut dengan Skin Barrier Function agar sehat kembali

Baca juga: Kriteria pelembab yang baik – Skin Care Routine

 

  1. Perbanyak minum air putih

Selain membantu menghidrasi tubuh, air putih juga bermanfaat membuang racun dari dalam tubuh. Lebih nikmat lagi di tambah dengan perasan lemon. Segar ! Dan membantu mengembalikan stamina tubuh.  

 

  1. Minum Teh Hijau

Teh Hijau dikenal mampu membuang racun dari dalam tubuh dan juga berperan sebagai anti oksidan yang baik. Teh Hijau mengandung Vitamun E dan C yang berkhasiat melawan radikal bebas yang disebabkan oleh paparan sinar matahari. Minum 2-3 cangkir teh hijau setiap hari dapat membantu kulit kembali sehat dan segar.

 

  1. Makan Buah-buahan

Buah adalah detoks alami dan memiliki manfaat sebagai anti oksidan yang akan membantu mengembalikan kesehatan kulit seperti Blueberry, Straberry dan Cherry yang kaya antioksidan.

 

  1. Tidur cukup

Refresh tubuh Anda dengan tidur yang cukup, 8 jam sehari. Tidur yang cukup dapat membantu proses hidrasi kulit kembali seimbang sehingga kelembaban kulit tetap terjaga. Kurang tidur dapat mengakibatkan rusaknya  kolagen dan menurunnya hyaluronic acid dalam kulit sehingga akan menyebabkan penuaaan kulit.

 

  1. Rutinitas perawatan kulit sehari-hari.

Rutinitas perawatan kulit biasanya agak kacau saat liburan. Kini saatnya untuk kembali melakukan perawatan kulit secara teratur di rumah, mulai dari membersihkan kulit dengan benar (cleansing) , pelembaban (moisturizing), hingga menggunakan sunscreen tiap beraktivitas (protect).  Kembali melakukan rutinitas perawatan kulit sehari-hari ini sangat membantu mengembalikan kesehatan dan keindahan kulit.

Baca : Perawatan Dasar Kulit Yang Benar – Skin Care Routine


2 Comments

AHMAD FAUZI · 05/08/2018 at 3:38 am

trimkasih atas tipsnya! sangat bermanfaat! bagiaman dengan banyak minum air apakah bisa mermanfaat?

    verraokta · 06/08/2018 at 4:07 pm

    Hi Ahmad. Minum air putih sangat banyak manfaatnya bagi tubuh. Study mengenai efek nya secara langsung terhadap kulit masih sangat sedikit sehingga sulit menjelaskan secara data. Menurut dermatolog, kolagen memerlukan air agar bekerja secara efektif. Tanpa asupan air yang memadai,kulit akan terlihat kusam, cepat keriput. Ada pengalaman seorang wanita umur 42 th yang pernah diliput di dailymail.co.uk yang mungkin bisa jadi inspirasi. Dia minum air putih 3 L per hari, hasilnya setelah 4 minggu keriputnya berkurang. Yuk coba… 🙂

Leave a Reply

error: Content is protected !!