Banyak sekali istilah skin care untuk perawatan yang ditawarkan yang kadang bikin bingung. Ada moisturizer, hydrating lotion,  serum, essence, apa bedanya ? Dan apakah semuanya kita butuhkan? Moisturizer dan hydrating lotion sudah pernah saya bahas di sini. Lalu serum dan essence apa bedanya?

 

Picture:Fashionista

 

Seharusnya skin care itu ngga bikin pusing. Makin Anda pusing, langsung beli semua..kan? 🙂

 

Apa itu Serum?

Serum mengandung ingredient atau zat aktif dengan konsentrasi yang tinggi, molekulnya yang lebih kecil sehingga mampu penetrasi ke dalam target spesifik ke dalam kulit. Target spesifik ini misalnya untuk tujuan mencerahkan kulit, mengurangi kerut, memperbaiki warna kulit yang tidak merata, hiperpigmentasi, dan lain-lain. Serum lebih cepat menembus ke dalam kulit sehingga lebih ‘powerful’ dibandingkan dengan moisturizer biasa. Karena konsentrasi zat aktif yang lebih tinggi inilah yang menyebabkan serum lebih mahal.

 

Zat aktif apa saja yang terkandung di dalam serum untuk mencapai target spesifik tersebut?

 

Tergantung dari tujuan yang yang diinginkan, maka serum dibuat dengan zat aktif yang bermacam-macam. Berikut ini adalah beberapa zat aktif yang biasa terdapat dalam serum.

Hyaluronic Acid

Vitamin C

Vitamin E

Vitamin A

DMAE (Dimethylaminoethanol)

Peptide

 

Manfaat Hyaluronic Acid

Hyaluronic Acid yang ada di dalam kulit kita mulai berkurang seiring bertambahnya usia. Kini saatnya menambahkan serum hyaluronic acid yang akan membantu mengembalikan kekenyalan kulit dan mengurangi kerutan. Sehingga kulit tampak lebih muda. Zat hyaluronic acid ini bersifat hydrophilic,  yang mampu menarik air sehingga kulit tampak segar dan lembab.

 

Manfaat Vitamin C

Vitamin C bermanfaat sebagai anti oksidan yang membantu mengurangi tanda penuaan kulit dengan melawan radikal bebas dari sinar matahari atau polusi. Serum yang mengandung Vitamin C akan membantu meremajakan kulit, mengurangi fleg hitam akibat paparan sinar matahari. 

 

Manfaat Vitamin E

Seperti halnya Vitamin C, Vitamin A adalah anti oksidan yang mampu mngurangi tanda penuaan kulit yang diakibatkan oleh radikal bebas. Sehingga kulit tampak lebih muda

 

Manfaat Vitamin A

 Vitamin A juga berperan dalam meremajakan kulit dengan mendorong produksi kolagen di dalam kulit sehingga kerut berkurang, kulit menjadi lembut dan tampak muda. Vitamin A juga dapat membantu meratakan warna kulit, dan mengurnagi hiperpigmentasi karena memiliki sifat eksfoliasi. 

 

Manfaat Peptide

Peptide adalah rantai pembentuk asam amino yang menyusun protein. Peptide membantu mempertahankan kelembaban kulit dan mendorong produksi kolagen. Hasilnya, kerutan akan berkurang dan kulit menjadi lembut.

 

Manfaat DMAE (Dimethylaminoethanol)

Zat ini mampu membantu menarik, menghaluskan dan mengencangkan kulit. DMAE membantu meminimalisir kerutan dalam dan meratakan warna kulit sehingga kulit tampak muda. Karena efektifitasnya inilah DMAE sering disebut sebagai ‘facelift in a bottle”

 

Dan sebenarnya masih banyak lagi serum dengan zat aktif lainnya, seperti green tea, aloe vera, licorice extract, jojoba oil, avocado oil, lavender, dan lain-lain.

 

Apakah masih diperlukan moisturizer?

Serum dan moisturizer bekerja dengan cara yang berbeda. Penggunaan serum tidak bisa menggantikan manfaat efek “kental”nya moisturizer baik dalam bentuk krim maupun lotion. Moisturizer dengan sifat occlusive dan humectant-nya membentuk lapisan yang dapat menahan air agar tidak mudah terlepas dari kulit (trans-epidermal water loss) sehingga mampu melembabkan lebih lama. 

 

Bagaimana cara penggunaannya?

Kulit dibersihkan terlebih dahulu. Kemudian oleskan serum merata ke seluruh wajah. Setelah meresap ke dalam kulit, gunakan moisturizer.  

Baca juga: Skin Care Routine

 

Apa beda serum dengan essence?  

Serum dan essence itu sama saja ! Hanya pemilihan kata dalam strategy marketing saja, biasanya dikaitkan dengan persepsi konsumen, mana yang lebih disuka dan terkesan lebih kuat di benak mereka. Mungkin ada yang mengatakan bahwa essence lebih encer, konsentrasi lebih kecil dibandingkan serum. Namun tidak ada batasan yang jelas, untuk menentukan produk tersebut termasuk serum atau essence

 

 Lalu ada lagi pre-serum dan pre-essence. Really???

error: Content is protected !!