Perubahan zaman serba modern ini yang disertai  dengan berkembangnya teknologi informasi yang begitu cepat ternyata sangat berpengaruh pada kesehatan mental seperti kecemasan, depresi, bahkan PTSD ( post-traumatic stress disorder). Yang jika dibiarkan akan menyebabkan menurunnya kesehatan fisiknya.

Saat ini Yoga sudah menjadi pilihan popular di kalangan masyarakat. Yoga merupakan olah tubuh dan pikiran. Yoga adalah olahraga keseimbangan, memadukan  meditasi, relaksasi dan gerakan fisik. Banyak clinical evidence yang telah membuktikan bahwa Yoga dapat  mengurangi ketegangan otot, memperbaiki aktivitas hormon, mengurangi stres dan kecemasan. Yoga mampu meningkatkan kualitas hidup manusia karena adanya keseimbangan antara kesehatan fisik dan mental.

Dikutip dari media Elsevier, Dr. M Javnbakht dari Islamic Azad University dalam riset yang dilakukannya, membuktikan bahwa melakukan Yoga selama 2 bulan dapat mengurangi kecemasan pada wanita (anxiety disorder). Dalam paper-nya yang dipublikasikan dalam Complementary Therapies in Clinical Practice, periset menganjurkan Yoga sebagai metode alternatif dalam terapi medis dalam penanganan anxiety disorder ini.

Yoga, memiliki aspek emosional dan spiritual, tidak hanya memberikan keseimbangan, namun juga membuat kita lebih terhubung dan  mengenal diri sendiri. Selain itu, Yoga mempengaruhi cara kita merespon pada apapun yang terjadi di sekitar kita dengan perspektif yang berbeda.

Prinsip umum Yoga adalah

  1. Pose tubuh, adalah pose-pose untuk meningkatkan kekuatan, fleksibilitas dan menenangkan. Mulai dari yang paling mudah dengan berbaring hingga paling sulit yang melibatkan peregangan tubuh.
  2. Mengatur pernafasan adalah bagian penting dalam Yoga yang dapat mengatur tubuh dan ketenangan pikiran.
  3. Meditasi atau relaksasi. Meditasi dapat membantu diri lebih ‘mindful’ dan menikmati setiap moment yang terjadi tanpa judgement.

Namun demikian, Yoga tidaklah sederhana karena memerlukan waktu, effort dan komitmen. Selain itu, kita juga harus memilih jenis Yoga yang sesuai dengan kebutuhan dan tujuan yang ingin dicapai.  Alih-alih sehat, memilih jenis Yoga yang kurang sesuai bisa bikin cedera.

Klik beberapa alternatif Yoga yang dapat menjadi pilihan, di sini.


Leave a Reply

error: Content is protected !!