Menyesal dengan tato di tubuh Anda yang gambarnya sudah ketinggalan jaman? Atau tidak ingin punya masalah dengan pasangan karena tato masih tertulis nama sang mantan?  Laser dapat membantu menghilangkan tato permanen Anda.

 

Picture:Glogster

 

Tinta Tato di Lapisan Kulit

 

Pada proses pembuatan tato, jarum menembus ke dalam kulit dengan pergerakan jarum 50 – 3000 kali per menit hingga lapisan dermis, yang merupakan lapisan kulit  kedua setelah epidermis. Lapisan dermis ini terdiri dari serat kolagen, kelenjar keringat, kelenjar minyak dan pembuluh darah. Tiap kali jarum menembus kulit maka akan menyebabkan luka dan secara alami tubuh akan memulai proses penyembuhan.  Macrofag yaitu sel darah putih yang bertugas mengambil zat yang tidak diinginkan dan akan membuangnya ke dalam sistem drainase tubuh sedangkan pigmen tinta tetap berada di dalam dermis.  Pada awalnya, tinta tersimpan ke dalam lapisan di epidermis dan dermis, namun karena proses penyembuhan alami kulit ini, sel kulit pada lapisan epidermis berganti yang sel baru. Itulah mengapa tatoo terlihat lebih dalam.

 

Cara Kerja Laser Menghilangkan Tato

 

Laser bekerja dengan cara memecah partikel pigmen tinta menjadi partikel yang sangat kecil yang kemudian akan dibuang melalui mekanisme alami ke sistem drainase tubuh. Laser yang ditembakkan ini sangat tertarget, yang hanya akan di absorb oleh pigmen tinta sehingga jaringan kulit yang sehat tidak terganggu.

Ilustrasi: Picoway

Endpoint-nya akan muncul seperti kerak putih pada area tato yang ditembak dengan laser yang akan hilang beberapa minggu kemudian.

 

Warna tato apa saja yang bisa dihilangkan dengan Laser?

 

Warna tato yang paling mudah adalah yang berwarna gelap seperti hitam, coklat, biru gelap. Semakin berwarna semakin sulit seperti adalah warna orange, merah, hijau, kuning. Sehingga akan dibutuhkan beberapa kali treatment.

 

Jenis Laser yang Digunakan

 

Laser yang biasa digunakan untuk menghilangkan tato adalah  Q-switched dengan tembakan laser ber-durasi nanosecond per pulse-nya. Dengan panjang gelombang 1064nm dengan durasi tembakan di bawah 10ns biasanya digunakan untuk menghilangkan tato warna hitam dan biru. Selain itu ada juga jenis panjang gelombang 532nm untuk menghilangkan tato warna merah, orange dan kuning.

Teknologi terbaru ada saat ini adalah picosecond laser yang berarti  seper-trilyun detik, 1000 kali lebih cepat dibanding nanosecond. Durasi pulse yang sangat singkat ini menyebabkan efek panas pada kulit lebih sedikit sehingga lebih nyaman. Picosecond laser di klaim memiliki efek samping yang lebih minimal, pengulangan treatment yang dibutuhkan lebih sedikit dibanding generasi sebelumnya dan lebih nyaman. Kita bisa jumpai jenis picosecond laser di Indonesia seperti PicoSure dan PicoWay.

 

Berapa Kali Treatment yang Dibutuhkan hingga Tato Benar-benar Hilang?

Tato berwarna gelap seperti hitam biasanya membutuhkan 1-2 kali treatment, sedangkan tato berwarna seperti orange dan kuning akan membutuhkan treatment lebih banyak. Perlu diketahui juga bahwa menghilangkan tato ditentukan oleh beberapa faktor seperti tipe warna kulit, lokasi tato, warna tato, jumlah dan kedalaman tinta.

Picture: Annie Spratt

Konsultasikan dengan dokter yang sudah berpengalaman dengan laser. Apapun laser yang digunakan, ditentukan juga oleh dokter yang terlatih menggunakannya.

Sudah siap hapus tato?

 

Categories: Skin Tech

Leave a Reply

error: Content is protected !!