Asian Games 2018 telah usai namun sulit untuk bisa ‘move on’ dari euphoria-nya. Kerja keras dan perjuangan para atlet kita telah membawa Indonesia sukses menempati posisi 4.  Ketika menyaksikan langsung beberapa kali pertandingan, duh rasanya iri dengan body shape mereka, dan seketika itu juga langsung ingat “ah, kapan bisa rutin olahraga lagi ya’. Karena olahraga tidak hanya dapat membentuk otot yang kuat, meningkatkan ketahanan tubuh, namun juga dapat membuat kulit kita awet muda, loh !

Really?

Kok Bisa?

 

Sebuah penelitian di McMaster University di Ontario terhadap kelompok umur 20 hingga 84 tahun menunjukkan bahwa orang dengan usia 40-an yang berolahraga secara teratur, kulitnya ternyata lebih halus dan kenyal dibandingkan dengan yang berumur 20 dan 30-an yang jarang berolahraga. Hal ini dapat disimpulkan bahwa olahraga dapat menunda penuaan kulit.

 

Photo by Alexander Mils on unsplash

 

Faktor penyebab penuaan kulit seperti stress, sulit tidur dan metabolisme yang menurun juga bisa diatasi dengan olahraga.

 

Olahraga memperlancar sirkulasi darah  

Olahraga dapat memperlancar sirkulasi darah.  Darah membawa oksigen dan nutrisi ke seluruh tubuh termasuk sel kulit.  Ketika sel kulit mendapatkan asupan oksigen yang cukup ini, hasilnya adalah kulit tampak segar,  soft and glowing.

 

Olahraga dapat memperbaiki mood dan stres.

Mood kurang stabil dan stres dapat menyebabkan tampilan kita cepat menua. Pada saat tubuh bergerak aktif, tubuh memproduksi endorphin sebagai mood booster  seperti opium alami. Selain itu, olahraga juga dapat mendorong pembentukan dopamine sehingga perasaaan menjadi lebih gembira. Itulah mengapa kita akan merasa lebih bahagia dan relaks setiap selesai berolahraga, kan?

 

Olahraga mengatasi keluhan sulit tidur

Insomnia? Sulit tidur? Sulit tidur yang berkepanjangan akan membuat kulit kusam dan sulit berkonsentrasi keesokan harinya. Riset menunjukkan olahraga teratur dapat membantu Anda tidur lebih mudah di malam hari. Olahraga minimal 150 menit per minggu dapat membantu meningkatkan kualitas tidur sebanyak 65%. 

 

Olahraga memperbaiki metabolisme tubuh

Usia makin bertambah, metabolisme tubuh semakin lambat. Maka penumpukan lemak sulit dihindari. Olahraga teratur dapat membantu membakar kalori dan mengontrol berat badan. Pada saat kita berolahraga, tubuh memproduksi banyak mitokondria dan protein yang membawa asam lemak menuju sel yang selanjutnya akan dibakar menjadi energi.

  

Olahraga memperlambat penuaan sel

Tidak hanya membuat badan lebih sehat, olahraga juga dapat menghambat proses penuaan. Telomere, yang merupakan semacam penutup di ujung tiap kromosom yang mengontrol penuaan. Telomere makin pendek seiring bertambahnya umur. Riset menemukan bahwa olahraga dapat memperpanjang telomere sehingga dapat memperlambat penuaan.

 

Olahraga juga dapat memperbaiki postur tubuh.  

Usia makin bertambah, kita akan kehilangan masa otot dan kepadatan tulang. Cara terbaik untuk mencegah hal ini terjadi adalah dengan olahraga.  Olahraga dapat membentuk otot dan kesehatan tulang terutama bagian punggung, maka nya orang yang rutin berolahraga akan terhindar dari bentuk punggung bungkuk dan tubuh akan tampak lebih tinggi. Olahraga membuat kita lebih kuat secara psikis. Dengan postur tubuh yang baik ini, kita akan makin percaya diri.

 

Waktu terbaik untuk olahraga adalah sebelum jam 10 pagi dan setelah jam 4 sore untuk menghindari puncak paparan sinar matahari. Jangan lupa untuk menggunakan sunscreen saat berolahraga di luar rumah.  

 

Yuk, mulai olahraga dari sekarang agar selalu tampil awet muda.

 


Leave a Reply

error: Content is protected !!