Pernahkah Anda menyalahkan produk karena kurang memberikan hasil yang dijanjikan? Coba diingat, apakah urutan pemakaian produk skin care yang Anda lakukan sudah benar? Sebab hasil tidak hanya ditentukan dari kualitas produk, namun juga urutan cara pemakaiannya. Sebelum kita bahas,  jangan lupa untuk selalu memilih produk yang sesuai dengan jenis kulit Anda ya.

 

Picture: Magees

 

Cleansing

Tahap pertama ini sangat penting untuk membersihkan kulit dari sisa make up, kotoran, debu yang menempel di kulit wajah. Kulit yang bersih dan sehat akan memudahkan produk perawatan meresap ke dalam kulit sehingga memberikan hasil yang diharapkan. Pembersih ini ada yang berupa sabun dan susu pembersih. Saya pribadi cukup menggunakan Gentle Skin Cleanser dari Cetaphil, yang merupakan non soap cleanser tanpa pewangi. Dimana setelah pemakaian produk ini, kulit tetap terasa lembab.

Lalu bagaimana dengan penggunaan toner? Toner berguna untuk mengembalikan pH alami kulit. Namun perkembangan teknologi saat ini cleanser yang diciptakan sudah semakin baik dalam menjaga pH alami kulit. Sebagian orang skip penggunaan toner ini, namun jika Anda terbiasa dengan toner dan tidak pernah mengalami masalah misal kulit terasa kering, pemakaian toner bisa tetap dilanjutkan.

Di malam hari, karena seharian memakai make up maka kita membutuhkan make up remover untuk wajah dan make up remover khusus area mata sebelum menggunakan cleanser. Sehingga ada dua kali tahapan cleansing, yaitu make up remover dan sabun.

 

Serum

Serum mengandung zat aktif dengan konsentrasi yang tinggi, molekulnya yang lebih kecil sehingga mampu penetrasi ke dalam target spesifik ke dalam kulit. Dengan target khusus yang berbeda-beda ini maka diciptakan berbagai jenis serum misalnya serum untuk mencerahkan kulit, mengurangi kerut, memperbaiki warna kulit yang tidak merata, hiperpigmentasi, dan lain-lain. Cara pakainya, aplikasikan serum setelah wajah dibersihkan. Biarkan sesaat hingga terserap ke dalam kulit. Kemudian aplikasikan pelembab.

 

Eye Cream

Area mata adalah salah satu area yang pertama kali menunjukkan tanda penuaan seperti kerut. Area ini lebih tipis dan sensitif dibanding area wajah lainnya. Gunakan eye cream secara merata di area sekitar mata.

 

Moisturizing

Moisturizing atau pelembaban ini berfungsi untuk menghidrasi kulit. Saat ini, banyak sekali jenis pelembab dengan berbagai tujuan, misalnya pelembab anti-aging, pelembab khusus untuk kulit sensitif, atopic dermatitis, kulit berjerawat dan lain-lain. Pilih pelembab yang paling sesuai kebutuhan Anda. Cara pakai pelembab yang benar adalah segera setelah kulit dibersihkan, tidak ditunda. Mengapa? Agar air yang ada di dalam kulit tidak cepat terevaporasi, sehingga tetap tertahan di dalam lapisan kulit. Hasilnya produk akan memberikan hasil yang optimal dalam memberikan kelembaban.

 

Sunblock pada siang hari

Proteksi kulit dengan sunblock atau sunscreen tak kalah penting nya untuk menjaga kulit tetap sehat dan awet muda. Karena Sinar UV matahari dapat menyebabkan penuaan kulit lebih cepat. Banyak orang menyepelekan penggunakan sunscreen ini, terutama bagi orang-orang yang bekerja di dalam ruangan dan bepergian menggunakana mobil. Padahal walaupun tidak terkena langsung, pantulan sinar matahari dari kaca juga dapat memberikan dampak kurang baik bagi tampilan kulit. SPF berapa yang harus digunakan tergantung di mana Anda beraktifitas. Jika di luar ruangan, tentu membutuhkan SPF yang lebih tinggi misalnya SPF 30 atau SPF 50. Lebih lengkap tentang SPF dan kriteria sunscreen baca di sini.

 

Eksfoliasi

Sel kulit ber-regenerasi selama 14 – 28 hari sekali untuk menghasilkan sel-sel kulit baru. Maka sel kulit mati nya harus diangkat dengan cara eksfoliasi atau pengelupasan. Anda bisa  lakukan sendiri di rumah menggunakan scrub atau datang ke klinik estetik untuk melakukan mikrodermabrasi atau chemical peeling. Dampak jika kita mengabaikan  eksfoliasi ini,  selain menyebabkan kulit kusam , penetrasi produk skin care ke dalam kulit menjadi kurang optimal. Maka lakukan eksfoliasi secara rutin 2 minggu sekali. Untuk Anda yang kulitnya bermasalah, wajib konsultasikan ke dokter.

 

Dengan urutan pemakaian skin care yang benar, kita akan mendapatkan manfaat secara optimal dan hasil yang diharapkan dari produk yang kita gunakan.


Leave a Reply

error: Content is protected !!